Home » , » Demi Menghapus Outsourcing September Ini Buruh Demo Besar-Besaran

Demi Menghapus Outsourcing September Ini Buruh Demo Besar-Besaran

Selamat datang di blog Aswani Comey, Berikut ini akan saya berikan informasi mengenai: Demi Menghapus Outsourcing September Ini Buruh Demo Besar-Besaran Semoga bermanfaat untuk kita semua.

Demi Menghapus Outsourcing September Ini Buruh Demo Besar-Besaran - Protes buruh untuk menghapus sistem outsourcing ternyata masih belum padam. Pada pertengahan september ini para buruh berencana turun ke jalan lagi yang rencananya akan dipusatkan di kawasan industri Cikarang. Mengancam melakukan gerakan unjuk rasa besar-besaran dan mogok kerja massal.

 Ada dua tuntutan utama yang akan disampaikan dalam unjuk rasa ini, penghapusan sistem kerja outsourcing dengan pencabutan pasal alih daya tenaga kerja di Undang-undang Ketenagakerjaan, menolak upah buruh murah dan mendesak pemerintah untuk segera mencabut semua izin agen tenaga kerja outsourcing.

ABADI (Asosiasi Bisnih Alih Daya Indonesia) yang kantor sekertariatnya berada di Jl. HR Rasuna Said, komplek Rasuna Epicentrum ini sekitar 40-50% tenaga kerja sektor formal berstatus outsourcing.

Beberapa pengusaha berpendapat bahwa tuntutan buruh dinilai berlebihan karena kondisi ekonomi Indonesia belum sekuat negara besar macam China atau Amerika, sehingga sistem kerja alih daya masih dibutuhkan. Jika sistem kerja alih daya dihapus dan gaji buruh dinaikkan terjadi karena tekanan maka harga barangpun akan ikut terdongkrak, sehingga kenaikan gaji dan penghapusan outsourcing tidak berpengaruh terhadap daya beli buruh.

Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi akan segera menerbitkan peraturan mentri mengenai sistem kerja berhubung dengan keluarnya keputusan mahkamah Konstitusi yang menghapus sistem kerja alih daya untuk pekerjaan yang bersifat tetap dalam undang-undang ketenaga kerjaan.(sumber)

Terimakasih telah mengunjungi Blog Aswani Comey ini, dan membaca postingan mengenai : Demi Menghapus Outsourcing September Ini Buruh Demo Besar-Besaran semoga bermanfaat :)