Home » » Teknik Dan Cara Cepat Menghapal

Teknik Dan Cara Cepat Menghapal

Selamat datang di blog Aswani Comey, Berikut ini akan saya berikan informasi mengenai: Teknik Dan Cara Cepat Menghapal Semoga bermanfaat untuk kita semua.

Apa itu teknik menghapal cepat?

Teknik menghapal cepat adalah suatu cara untuk memasukkan informasi ke dalam otak (menghapal) dengan melibatkan otak kanan
A. OTAK MANUSIA

Menurut Roger Sperry otak manusia yang digunakan untuk berpikir dibagi menjadi dua belahan, yaitu otak kiri dan otak kanan.




http://2.bp.blogspot.com/_9VB_V_v41Ao/TTzgR1sM5BI/AAAAAAAANXc/ouTwNcJ5n48/s400/otak-kanan-manusia1.gif

Berdasarkan sifatnya, otak kiri bersifat short term memory (ingatan jangka pendek) dan otak kanan bersifat long term memory (ingatan jangka panjang)
B. TEKNIK MENGHAPAL CEPAT
1. Memory Sport
Perlu kita ketahui bahwa otak manusia sama halnya dengan otot. Apabila otot tidak diolahragakan, maka otot akan lemah, tetapi sebaliknya bila diolahragakan akan kuat. Begitu juga dengan otak. Otak akan lemah bila tidak diolahragakan, dan akan kuat bila diolahragakan. Maka itu kita perlu mengolahragakan otak kita.
Salah satu cara utk mengolahragakan otak kita adalah melalui memory sport.
Langkah – langkah memory sport;
1. Menyiapkan tempat dengan menggunakan site sistem
2. Menyiapkan kata – kata yang akan diingat
3. Menyimpan kata – kata tersebut pada tempat yg telah ditetapkan
4. Memanggil kata – kata yg telah disimpan berdasarkan langkah ke-3
Alokasi waktu untuk mengingat adalah 2 menit. Bila anda sudah bisa mengingat 25 kata dalam waktu 2 menit, maka konsentrasi anda telah meningkat. lakukanlah memory sport ini setiap hari, maka anda akan mendapatkan manfaat yang luar biasa
2. Site Sistem
Adalah suatu teknik menyimpan informasi secara teratur dg cara menempatkan informasi yg akan kita ingat (hafal) pada tempat – tempat yg tlh ditetapkan
cara membuat site sistem;
1. Tempat harus yg sudah dikenal oleh kita
2. Tempat harus dpt dilihat dg jelas
3. Tempat dibagi menjadi beberapa area
4. Tempat harus bisa dibayangkan
3. Relation Sistem
Adalah suatu teknik utk mengingat informasi dg cara menghubungkan informasi yang satu dengan informasi yg lainnya dengan aksi. Relation sistem dipakai utk menghapal yg berpasangan seperti vocabulary, nama negara dan ibu kotanya, nama sungai dan provinsinya, dsb
Contoh penggunaan aksi dalam relation sistem;
Uang masuk kedalam kipas
Roda menabrak ember
Kucing makan rujak
Masuk kedalam, menabrak, dan makan adalah aksinya. Aksi tersebut adalah sebaiga klu / pemicu utk menarik informasi yg ada didepannya, sehingga informasi yg ada didepannya tidak lupa
4. Story Sistem
Adalah teknik untuk mengingat informasi dengan cara menghubungkan informasi yg satu dengan informasi yg lainnya menjadi sebuah cerita
Contoh;
Burung – baju – awan – coca cola – gunung – kelinci – pistol – buaya – pohon – kawah
Cara menghafal;
Bayangkan!
Burung memakai baju terbang ke awan minum coca cola terbang lagi ke gunung ketemu kelinci yang membawa pistol utk menembak buaya yg tidur dibawah pohon di dekat kawah
5. Mnemonic
Adalah teknik menghapal yg bersifat abstrak dg cara mengubah kata abstrak tersebut menjadi benda konkrit yg bisa dibayangkan
Mnemonic dibagi menjadi 2, yaitu;
1. Sistem gambaran adalah suatu teknik menghapal informasi yg abstrak dengan cara menggambarkan kata abstrak tersebut menjadi sesuatu yg konkrit. utk menggambarkannya bisa dengan kegiatan, sesuatu yg terkenal seperti orang, makanan, dll.
contoh: 
Gembira digambarkan dg org yg sedang bergembira
Jogya digambarkan dg Borobudur
Jakarta digambarkan menjadi monas
2. Sistem persamaan bunyi, adalah suatu teknik utk menghapal informasi berdasarkan persamaan bunyinya
Contoh :
Singapura menjadi singa
Irak menjadi rak

sumber: kaskus.us


Cara Cepat Menghapal


Cara Cepat Menghapal - Kali ini kami akan berikan tips-tips yang mungkin dapat anda lakukan dalam mempermudah menghafal kata-kata maupun menghafal dalam belajar. Sebetulnya dalam menghafal tidaklah sulit hanya masalah otak dapat bekerja dalam menyimpan memori yang anda berikan, mungkin bagi orang yang malas akan menemui masalah tentang hafalan. Saran dari kami sebaiknya jika anda belajar usahakan jangan mengandalkan hafalan namun sebaiknya usahakan mengerti yang dimaksud dalam pelajaran tersebut misalnya saja jika anda menghafalkan kata-kata dalam pelajaran hingga persis/sama mungkin kemudian hari anda akan lupa kata-kata tersebut, namun lebih baiknya jika anda menghafal intinya contohnya saja jika anda menghafat satu paragraf text mungkin akan susah dan perlu beberapa waktu namun jika anda mendalami tulisan tersebut mungkin akan mempermudah anda dalam mengerti inti dari paragraf tersebut.

Otak memiliki bagian untuk menyimpan apa yang anda lakukan namun demikian terkadang otak juga akan sulit menemukan data yang anda simpan dalam jangka waktu tertentu yang biasanya hal tersebut dipengaruhi oleh gaya/pola hidup dalam keseharinnya sehingga mengakibatkan kualitas otak menurun. Banyak hal-hal yang menjadikan kemampuan otak menurun misalnya saja bermalas-malasan, jarang berfikir, merokok, miras, penuaan, penyakit dan lain sebagainya. Selain itu kabar yang kami dapatkan terbaru-baru ini bahwa gigi tanggal (ompong) juga mempengaruhi kinerja otak terutama menurunnya daya ingat dan daya pikir.

Untuk menyuplai kesehatan otak sebaiknya hiduplah sehat dalam keseharian anda hindari kebiasaan buruk terutama berhubungan intim diluar nikah. Yah walaupun hubungan intim membuat anda senang namun dibalik itu semua membuat anda kecanduan selainitu juga akan berakibat buruk bagi jiwa anda memang dari fisik terlihat sehat dan normal namun dibalik itu kondisi kejiwaannya akan berubah menjadi buruk apalagi ditambah jika munculnya penyakit dari hubungan tersebut.

Maaf ya pembicaraannya malah nyampai kesana kemari, kembali ke topik awal. Selain dengan cara meresapi tulisan tersebut kita dapat juga membuat kondisi yang menyenangkan bagi anda sehingga untuk hafalan akan mempermudah anda. Ada juga yang menggunakan metode unik seperti mewarnai tulisan sehingga akan membantu dalam mengingat. Bagi anda yang susah menghafal dalam kondisi rame sebaiknya carilah tempat yang dapat membantu anda dalam hafalan tersebut, keramaian akan membuat anda kurang fokus sehingga dalam proses menghafalpun akan susah.

Gunakan ekspresi anda dalam menghafal sebab dalam studi hafalan yang dilakukan disertai ekspresi yang terpancar akan membantu anda dalam hafalan. Selain itu gunakan cara-cara yang lain yang menurut anda menarik sehingga mempermudah anda dalam mengingatnya nanti. Gunakan juga imajinasi anda saat membaca sebab imajinasi yang anda munculkan akan membantu anda dalam mengingatnya kembali dalam bentuk bayangan yang anda ciptakan.

Untuk masalah lain yaitu kefokusan anda dalam menghafal atau mencermati tulisan namun jangan terlalu fokus juga yang akan mengakibatkan menjadi beban fikiran buatlah senyaman mungkin yang biasanya dapat mempermudah anda dalam menghafal. Sekian dulu dari saya semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi anda, bagi anda yang memiliki pendapat lain mungkin dapat anda isikan dalam kolom komentar di bawah ini.(sumber)


Terimakasih telah mengunjungi Blog Aswani Comey ini, dan membaca postingan mengenai : Teknik Dan Cara Cepat Menghapal semoga bermanfaat :)