Home » » Dengan Shalat Pikiranku Menjadi Fresh Kembali

Dengan Shalat Pikiranku Menjadi Fresh Kembali

Selamat datang di blog Aswani Comey, Berikut ini akan saya berikan informasi mengenai: Dengan Shalat Pikiranku Menjadi Fresh Kembali Semoga bermanfaat untuk kita semua.

Akhir pekan ini di hari sabtu siang hampir mencapai 5 jam menghabiskan waktu didepan komputer yang pastinya terkoneksi dengan internet dan menjelajahi dunia dengan internet, Mencari ide-ide dan sumber informasi dari berbagai macam blog/situs lokal maupun luar negeri Dengan bantuan mesin pencarian google yang sangat populer pada saat ini.
Dan setelah mendapatkan informasi yang menurut saya penting lalu saya menuliskannya di blog saya ini, bertujuan membagikan informasi kepada teman-teman seindonesia. waktu 5 jam didepan komputer membuat mata menjadi lelah dan lengan tangan ini terasa kaku memegang mouse. Tidak terasa matahari pun semakin naik keatas kepala membuat cuaca menjadi gerah dan ide-ide dipikiran ini sedikit demi sedikit berkurang dan hampir bingung mau mencari informasi apalagi dan menulis apalagi.
Melihat jarum jam sudah menandakan pukul 13.57 tidak terasa waktu ini berputar, suara azan ditempat kerjaku memang tidak terdengar kalau lagi didalam ruangan kerja apalagi kalau sedang mendengarkan musik dan asik-asiknya sehingga shalat menjadi telat2 sedikit.

Walaupun waktu shalat zuhur sudah terlewatkan hampi 2 jam dan waktu ashar pun belum juga tiba saya beranjak dari tempat duduk untuk pergi mengambil air whudu untuk melakukan kewajiban umat muslim yaitu shalat zuhur.
Setelah berwhudu serasa pikiran ini menjadi fresh kembali dan yang tadinya otak terasa gerah bisa menjadi adem.
Manfaat dari whudu secara umum :
Kulit merupakan organ yang terbesar tubuh kita yang fungsi utamanya membungkus tubuh serta melindungi tubuh dari berbagai ancaman kuman, racun, radiasi juga mengatur suhu tubuh, fungsi ekskresi ( tempat pembuangan zat-zat yang tak berguna melalui pori-pori ) dan media komunikasi antar sel syaraf untuk rangsang nyeri, panas, sentuhan secara tekanan.etc..(enduro-indra.blogspot.com)

Dan setelah berwudhu saya pun bergegas melaksanakan shalat wajib tersebut dan berusaha bisa melaksanakan dengan khusuk.
Usai shalat dan berdoa walaupun doanya singkat dan memohon kepada yang maha kuasa. Tanpa kita sadari setelah melaksanakan wudhu dan shalat saya mempunyai ide untuk menulis artikel ini yang mudah-mudahan bisa bermanfaat untuk yang membacanya dan megambil pelajaran penting ini.

Ada sedikit tambahan nich,ternyata gerakan shalat ada manfaatnya yang saya ambil dari sumber blog enduro-indra.blogspot.com, berikut ini manfaatnya :

1. Berdiri lurus
Berdiri lurus adalah pelurusan tulang belakang, dan menjadi awal dari sebuah latihan pernapasan, pencernaan dan tulang.

2. Takbir
Takbir merupakan latihan awal pernapasan, Paru-paru adalah alat pernapasan, Paru kita terlindung dalam rongga dada yang tersusun dari tulang iga yang melengkung dan tulang belakang yang mencembung. Susunan ini didukung oleh dua jenis otot yaitu yang menjauhkan lengan dari dada (abductor) dan mendekatkannya (adductor).

Takbir berarti kegiatan mengangkat lengan dan merenggangkannya, hingga rongga dada mengembang seperti halnya paru-paru. Dan mengangkat tangan berarti meregangnya otot-otot bahu hingga aliran darah yang membawa oksigen menjadi lancar.

3. Ruku
Dengan ruku’, memperlancar aliran darah dan getah bening ke leher oleh karena sejajarnya letak bahu dengan leher. Aliran akan semakin lancar bila ruku’ dilakukan dengan benar yaitu meletakkan perut dan dada lebih tinggi daripada leher. Ruku’ juga mengempiskan pernapasan. Pelurusan tulang belakang pada saat ruku’ berarti mencegah terjadinya pengapuran. Selain itu, ruku’ adalah latihan kemih (buang air kecil) untuk mencegah keluhan prostat. Pelurusan tulang belakang akan mengempiskan ginjal. Sedangkan penekanan kandung kemih oleh tulang belakang dan tulang kemaluan akan melancarkan kemih.
Getah bening (limfe) fungsi utamanya adalah menyaring dan menumpas kuman penyakit yang berkeliaran di dalam darah.

4. Sujud
Sujud Mencegah Wasir, mengalirkan getah bening dari tungkai perut dan dada ke leher karena lebih tinggi. Dan meletakkan tangan sejajar dengan bahu ataupun telinga, memompa getah bening ketiak ke leher. Selain itu, sujud melancarkan peredaran darah hingga dapat mencegah wasir. Sujud dengan cepat tidak bermanfaat. Ia tidak mengalirkan getah bening dan tidak melatih tulang belakang dan otot. Tak heran kalau ada di sebagian sahabat Rasul menceritakan bahwa Rasulullah sering lama dalam bersujud. Selain itu sujud adalah manifestasi ketotalan kita dalam berpasrah diri kepada Allah, bahwa manusia adalah mahluk yang lemah, seorang hamba yang sudah bisa menikmati sholatnya, maka jiwanya dalam titik nol, dalam kondisi yang paling pasrah dan stabil, seseorang yang dilanda stres akan terlepas segala beban di jiwa dalam posisi ini.selain secara fisik otot2 leher yang kaku karena stres akan diulur, sehingga seorang hamba yang beriman dan pandai memaknai sholatnya tidak akan pernah dilanda keputusasaan (Stress).

5. Duduk antara 2 sujud
Duduk di antara dua sujud dapat mengaktifkan kelenjar keringat karena bertemunya lipatan paha dan betis sehingga dapat mencegah terjadinya pengapuran. Pembuluh darah balik di atas pangkal kaki jadi tertekan sehingga darah akan memenuhi seluruh telapak kaki mulai dari mata kaki sehingga pembuluh darah di pangkal kaki mengembang. Gerakan ini menjaga supaya kaki dapat secara optimal menopang tubuh kita.


5. Salam
Gerakan salam yang merupakan penutup sholat, dengan memalingkan wajah ke kanan dan ke kiri bermanfaat untuk menjaga kelenturan urat leher. Gerakan ini juga akan mempercepat aliran getah bening di leher ke jantung.

Semoga semuanya bisa bermanfaat..


Terimakasih telah mengunjungi Blog Aswani Comey ini, dan membaca postingan mengenai : Dengan Shalat Pikiranku Menjadi Fresh Kembali semoga bermanfaat :)