Home » , , » Cara Crawl Manual di Google Webmaster Tool

Cara Crawl Manual di Google Webmaster Tool

Selamat datang di blog Aswani Comey, Berikut ini akan saya berikan informasi mengenai: Cara Crawl Manual di Google Webmaster Tool Semoga bermanfaat untuk kita semua.

Untuk Melanjutkan artikel Sebelumnya yang berjudul Cara kerja Webmaster tool.Berikut ini Fungsi Dari Menu-menu webmastertool yang saya beri judul "Cara Crawl Manual di Google Webmaster Tool".
Ketika sebuah spider bot mengunjungi blog kita untuk mengcrawl apa pun data yang ada dalam blog kita, sebenarnya tidak 100% semuanya berhasil tercrawl. Itu karena ada beberapa faktor yang menghambat jalannya proses pengcrawlan blog seperti ukuran halaman blog yang besar, server blog yang lambat, invalid template dan sebagainya
Pengcrawlan blog yang tidak sempurna dapat menghentikan langkah blog untuk lebih berkembang sebab tanpa keberhasilan pengcrawlan, blog kita tidak akan cepat terindex search engine. Secara langsung ini akan berpengaruh terhadap optimasi seo di SERP nantinya.
Perlu juga sesekali kita memastikan hasil pengcrawlan spider bot google berjalan dengan baik. Caranya kita harus mengeceknya melalui Google Webmaster Tool.

Berikut Cara-cara Crawl Manual di Webmaster Tool :

1. Pertama masuk dan login di Google Webmaster Tool

2. Setelah masuk di Google Webmaster Tool kita pilih blog yang akan dilihat hasil crawl-nya.

3. Selanjutnya setelah memasuki Dashboard blog, langsung saja pilih menu Labs lalu klik Instant Previews untuk memulai prosesnya.

4. Di halaman selanjutnya yaitu halaman Instant Previews Tool, kita ketikkan nama file blog yang ingin dilihat hasil crawl-nya pada kotak yang tersedia.

5. Kemudian klik Compare.

6. Langkah pengecekan tidak berakhir disini, masih ada satu langkah yang harus dipenuhi yaitu melakukan klik pada link yang tercenteng.

7. Jika langkah nomor 6 telah kita lakukan, maka kita akan diperlihatkan hasil pengcrawlannya.

Dari hasil preview tersebut kita juga dapat melihat mana saja bagian blog yang tidak dapat tercrawl. Bila yang tidak tercrawl itu adalah url ataupun data yang penting kita dapat menggunakan layanan submit url menggunakan Fetch as Googlebot agar pengcrawlannya bisa lebih spesifik lagi seperti membuat permintaan kepada spider bot supaya mengcrawl seluruh link dalam postingan tersebut.

Dengan cara ini kita akan mengetahui apakah sebagian postingan blog kita berhasil di crawl atau tidak, bila hasilnya mengecewakan kita dapat segera menanganinya supaya tidak berlarut – larut.
Semoga ulasan tentang Cara Crawl Manual di Google Webmaster Tool dapat bermanfaat...


Terimakasih telah mengunjungi Blog Aswani Comey ini, dan membaca postingan mengenai : Cara Crawl Manual di Google Webmaster Tool semoga bermanfaat :)